Tidak Ada Salahnya Menjadi Pendengar yang Baik

Ada perbedaan makna kata yang mendasar antara kemampuan mendengar dan mendengarkan. Mendengar, adalah proses dimana alat indera pendengaran kita (telinga) menangkap suara dan meneruskannya ke otak yang dilakukan tanpa disengaja sebagai pertanda berfungsinya alat pendengaran kita. Sedangkan mendengarkan, adalah proses mendengar yang dilakukan dengan sengaja dengan tujuan untuk mengetahui sesuatu dan demi mendapatkan informasi dari apa yang kita dengar.

Namun kenyataannya, saat ini banyak orang memiliki ego yang tinggi, mereka lebih suka syair hk menceritakan dirinya sendiri daripada mendengarkan orang lain berbicara. Padahal ketika kita bersedia menjadi pendengar yang baik, sesungguhnya ada banyak hal positif yang akan bisa kita dapatkan. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari lebih banyak mendengarkan daripada banyak berbicara:

  1. Membuat Anda Semakin Pandai dan Bijaksana.
    Dengan lebih banyak mendengarkan apa yang orang lain bicarakan mulai dari bidang politik, kesehatan, sosial dan sebagainya, maka Anda akan mendapat informasi dan kabar terbaru dari orang-orang tersebut. Cobalah untuk menerima semua informasi dari topik yang berbeda, sehingga semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, maka semakin luas pula wawasan Anda.
  2. Banyak Mendengarkan dapat Memahami Orang Lain.
    Mendengarkan orang lain berbicara tentang dirinya adalah salah satu cara untuk dapat memahami orang lain. Saat orang lain berbicara kepada Anda, Anda dapat menganalisis bagaimana cara berpikir mereka, bagaimana cara mereka memutuskan sesuatu, dan bagaimana kepribadian orang tersebut, walaupun tidak terlalu mendalam.
  3. Membuat Kita Lebih Mudah dalam Mengambil keputusan
    Dengan lebih banyak mendengarkan pendapat orang lain atau masukan yang ada, Anda akan lebih mudah dalam mengambil keputusan, karena didasarkan dari informasi yang Anda dapatkan dan membandingkannya dengan pendapat kita sendiri.
  4. Mengurangi Kemarahan Seseorang.

Saat seseorang sedang marah memang alangkah baiknya untuk tidak menyela atau ikut berbicara, karena hal tersebut  akan membuat orang tersebut semakin marah. Lebih baik saat ada seseorang yang marah Anda dengarkan saja kata – kata mereka, dengan begitu Anda akan mengetahui apa yang menyebabkan orang tersebut marah. Dengan lebih banyak mendengarkan akan membuat orang tersebut secepat mungkin berhenti marah, lalu saat itulah Anda dapat berbicara dan  menunjukkan perhatian Anda kepadanya.

Leave a Comment